SOSIALISAI PROGRAM PEMICUAN STBM PILAR 2 SAMPAI PILAR 5

21 Mei 2021
Administrator
Dibaca 499 Kali
SOSIALISAI PROGRAM PEMICUAN STBM PILAR 2 SAMPAI PILAR 5

Jumat, 21 Mei 2021 UPT Puskesmas Ambarawa mnyelenggarakan sosialisasi program pemicu STBM Pilar 2 sampai Pilar 5. acara ini diisi oleh Tenaga ahli STBM juga turut dihadiri oleh Ka UPT Puskesmas Ambarawa beserta jajarannya, Ka Pekon Ambarawa Timur Bhabinsa dan Bhabinkamtimas.

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Program STBM memiliki indikator outcome dan output. Indikatoroutcome STBM yaitu menurunnya kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku. Sedangkan indikatoroutput STBM adalah sebagai berikut :

  1. Setiap individu dan komunitas mempunyai akses terhadap sarana sanitasi dasar sehingga dapat mewujudkan komunitas yang bebas dari buang air di sembarang tempat (ODF).
  2. Setiap rumahtangga telah menerapkan pengelolaan air minum dan makanan yang aman di rumah tangga.
  3. Setiap rumah tangga dan sarana pelayanan umum dalam suatu komunitas (seperti sekolah, kantor, rumah makan, puskesmas, pasar, terminal) tersedia fasilitas cuci tangan (air, sabun, sarana cuci tangan), sehingga semua orang mencuci tangan dengan benar.
  4. Setiap rumah tangga mengelola limbahnya dengan benar.
  5. Setiap rumah tangga mengelola sampahnya dengan benar.

diharapkan acara ini bisa menjadi pelopor indikator sanitasi dan higienitas untuk Ambarawa Timur menjadi lebih baik.