Profil Potensi Pekon

03 Januari 2021
Administrator
Dibaca 359 Kali

Profil Potensi Pekon

Pekon Ambarawa Timur merupakan pekon yang mekar pada 12 November 2012 dari Pekon Ambarawa induk.

Pekon Ambarawa Timur mempunyai populasi penduduk mencapai 1625 jiwa dan 491 KK per 2021 data diambil dari penetapan SDGs yang di selenggarakan kementrian PDT. Mayoritas mata penecaharian penduduk adalah petani disusul wiraswasta dan yang lainnya. Selain memiliki areal pertanian yang luas yang setiap hari sebagai tumpuan ketahanan pangan, Pekon Ambarawa Timur juga memiliki potensi sumber daya alam yang sudah lolos uji kelayakan yaitu Air Mineral yang diambil langsung dari mata air dengan metode pengeboran tanah. sebagian besar di edarkan keseluruh kabupaten Pringsewu bahkan mencapakup hingga Kabupaten tetangga seperti Tanggamus, Pesawaran, dan Bandar Lampung.

di kalangan ibu-ibu Pekon Ambarawa Timur juga memiliki kelompok wanita tani bernama Putri Ayu yang memproduksi teh krosela dan produk pertanian.

Pemuda Karang Taruna Ambarawa Timur yang bernama Karang Taruna Cakra Mas juga memiliki kegiatan budidaya ulat magot dan pembesaran lele tapi sejak pandemi Covid-19 mewabah kegiatan ini terhenti sementara waktu. Selain itu kelompok pemuda juga memiliki Majelis Tak'lim yang bernama ISTANARAJA yang berlokasi di Musholla Al-ALLAWIY yang berisi kegiatan Kajian al-qur'an dan rutinan sholawat hadroh. dan ini sepenuhnya di dukung oleh pemerintahan pekon yang dimaksudkan menjadi benteng ahlak dan pembinaan attitude para pemuda di Pekon Ambarawa Timur

Mayoritas penduduk Pekon Ambarawa Timur adalah usia produktif sehingga dalam 5 tahun ke depan di prediksi akan memiliki IDM Mandiri pada tahun 2026.